logo

UKM UTB (Unit Tari Bali) Natya Wiraga Adigama merupakan salah satu UKM di Universitas Gadjah Mada yang menjadi wadah serta memberikan sarana bagi para mahasiswa UGM untuk mengembangkan kreatifitasnya khususnya dalam bidang kesenian Tari bali. UKM Tari Bali awalnya merupakan lembaga semi-otonom Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD) yang kemudian melepaskan diri dan membentuk UKM yang bernama Unit Tari Bali Natya Wiraga Adigama karena banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini. Pada tanggal 22 September 1993 UTB resmi didirikan berkat kerjasama mahasiswa UGM dengan lulusan Institut Seni Indonesia, Yogyakarta (ISI) sebagai pelatih tari.

Nama dari Unit Tari Bali Natya Wiraga Adigama sendiri memiliki makna kegiatan olah tubuh berupa tari – tarian yang menjaga keluhuran Universitas Gadjah Mada. Pemaknaan ini berangkat dari pemikiran bahwa dengan melestarikan kegiatan olah tubuh, yang dalam hal ini adalah tari Bali, Universitas Gadjah Mada turut serta menjaga dan/atau melestarikan budaya yang adiluhung. Dengan tujuan untuk memberikan akses seni yang edukatif, mengembangkan kesenian budaya dan meningkatan apresiasi seni Tari Bali di kalangan mahasiswa, civitas akademika, dan masyarakata sekitar Yogyakarta, unit ini dibentuk sebagai kegiatan mahasiswa dengan sasaran seluruh mahasiswa dan civitas akademika Universitas Gadjah Mada. Tujuan lain dari unit ini adalah berkembanganya kemampuan softskill mahasiswa anggota dan pengurus unit, baik dalam bidang artistik maupun bidang produksi.  Selanjutnya, kegiatan mahasiswa ini difungsikan untuk mewadahi, menyalurkan dan memfasilitasi serta mengembangkan segenap kemampuan dan keinginan, serta aspirasi dari para anggota Unit Tari Bali Natya Wiraga Adigama dalam hal tari – tarian Bali dan juga melestarikan kebudayaan seni tari Bali, kebudayaan Indonesia.

Dalam perjalanannya Unit Tari Bali berusaha memperkenalkan kebudayaan kesenian tari Bali tidak hanya pada wilayah sekitar Universitas Gadjah Mada, tetapi juga pada wilayah dengan yang lebih luas lagi. Langkah nyata usaha memperkenalkan kesenian tari ini adalah dengan mengisi acara di berbagai tempat, pementasan sendratari serta pengadaan festival tari bali. Kegiatan – kegiatan ini diharapkan dapat terus diadakan untuk mendukung pelestarian kesenian Indonesia, khususnya kesenian kebudayaan Bali.

Unit Tari Bali ini pula dalam usaha mengembangkan, melestarikan, dan memperkenalkan kesenian Bali khususnya tari-tarian tidak  menutup diri bekerja dan berjalan dengan orang-orang di dalam Universitas Gadjah Mada saja, tetapi juga menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan, yaitu orang – orang dari Institut Seni Indonesia (ISI) di Yogyakarta dan juga para anggota Asrama Putra Bali Saraswati Yogyakarta.

 

Leave a Reply

Required fields are marked*